Keunggulan Memasak dengan Slow Cooker MPASI

Makanan pendamping ASI (MPASI) adalah asupan penting bagi bayi usia 6 bulan ke atas. Bayi memerlukan asupan makanan lain di luar ASI yang mampu memberikan nutrisi penting untuk tumbuh kembang di fase tersebut. Metode memasak MPASI tentu bermacam-macam, salah satunya adalah dengan memasak menggunakan slow cooker MPASI.

Slow cooker MPASI dapat membantu mempermudah pembuatan MPASI

Kemudahan yang ditawarkan dengan memasak menggunakan slow cooker adalah tekstur lembut yang dihasilkan. Hal ini bisa membuat makanan tidak akan terasa solid sehingga mudah dikonsumsi oleh si kecil. Namun, apa lagi ya keunggulan memasak dengan slow cooker yang perlu kamu ketahui? Yuk perhatikan penjelasan berikut ini!

Makanan menjadi mudah dicerna

Mengingat sistem pencernaan bayi belum mampu mengolah makanan bertekstur keras maka slow cooker bisa membuatnya lebih lembut. MPASI yang lembut dan cocok untuk bayi bisa dengan mudah dicerna. Kamu tidak perlu khawatir bayi akan tersedak, karena tekstur yang halus akan memudahkan bayi menelan makanan tersebut dengan baik.

Makanan matang dengan sempurna

Keunggulan slow cooker MPASI adalah memastikan masakan matang dengan sempurna. Artinya makanan aman dikonsumsi oleh si kecil. Makanan setengah matang bisa saja masih mengandung bakteri karena belum terproses dengan sempurna saat dimasak. Maka dari itu, untuk menghindari makanan tidak matang secara menyeluruh, slow cooker adalah pilihan tepat untuk mengolah makanan.

Nutrisi tidak banyak yang berkurang

Ternyata proses memasak dengan slow cooker bisa menjaga nutrisi dalam makanan. Hal ini akan sangat bagus untuk si kecil, pasalnya nutrisi yang masuk ke tubuh tidak akan berkurang. Untuk beberapa metode memasak seperti menggoreng atau merebus bisa mengurangi nutrisi dalam makanan. Maka dari itu slow cooking tampaknya cocok untuk menyajikan MPASI.

Mencegah makanan gosong

Memasak dengan cara digoreng atau dipanggang bisa berpotensi gosong atau overcooked dikarenakan proses yang cepat dan singkat. Namun, dengan menggunakan slow cooker kamu bisa mengantisipasi hal tersebut. Proses masak yang lambat dan menyeluruh bisa memastikan setiap bagian masakan diproses dengan lebih optimal. 

Makanan terasa lebih nikmat

Masalah utama si kecil saat mengonsumsi MPASI adalah rasa yang tidak cocok dengan lidah mereka. Bisa saja ini karena proses memasak yang kurang tepat. Proses memasak yang lambat dan menyeluruh dengan slow cooker menyebabkan bumbu atau cita rasa masakan akan terbentuk dengan maksimal. Memasak dengan slow cooker bisa menjadikan makanan akan lebih nikmat saat dikonsumsi. Tentunya ini akan membantu menjaga selera makan si kecil supaya lahap.

Aman dan minim risiko

Hampir sama dengan cara masak menggunakan rice cooker, memasak menggunakan slow cooker cenderung aman dan minim risiko. Kamu bisa melakukan kegiatan lain seperti mencuci piring atau mengolah bumbu masakan lain sembari menunggu makanan pada alat slow cooker diproses.

Penyajian MPASI dengan slow cooker mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Proses masak akan membutuhkan waktu 4-6 jam untuk pengaturan rendah, dan 1-2 jam untuk pengaturan tinggi. Hal ini mengharuskan kamu untuk bersabar. 

Tips ampuh yang bisa kamu lakukan adalah mengupayakan memasak di pagi hari setelah subuh atau setelah jam 6 pagi. Memasak lebih pagi dari waktu makan si kecil akan memberikan rentang untuk mempersiapkan dengan matang dan mendinginkan makanan lebih dulu agar bisa dikonsumsi dengan baik oleh anak.

Semoga informasi di atas berguna ya untuk meyakinkan kamu memasak dengan slow cooker MPASI. Selamat mencoba dan menyajikan makanan pendamping untuk si kecil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *